09 Desember 2009

Animasi Islamic | Flash Player | Simulasi Belajar Ilmu Tajwid dengan Animasi Flash

09 Desember 2009

Dengan memanfaatkan Flash Player, diary zone mencoba menyajikan Simulasi Interaktif Belajar Ilmu Tajwid sebagai media pembelajaran dengan menggunakan animasi islamic file swf. Mudah-mudahan saja ada manfaatnya baik untuk diri sendiri, para blogger maupun semua netter.

Sebelumnya, ada beberapa hal penting sehubungan Ilmu Tajwid ini. Kenapa Ilmu Tajwid penting? Apa Ilmu Tajwid itu? Apa saja cakupan materi Ilmu Tajwid? Apa hukum mempelajari Ilmu Tajwid? Mungkin itu beberapa pertanyaan yang sedikitnya bisa membangkitkan minat untuk mempelajari Ilmu Tajwid.

1. Pentingnya mempelajari Ilmu Tajwid
“… Dan bacalah Al-Quran dengan tartil” (Q.S 73 : 4). Dari Ayat ini, hendaknya membaca Al-Quran dengan perlahan-lahan sehingga membantu pemahaman dan renungan terhadap isi dan maknanya.

“Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Al- Quran karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya. Sesungguhnya atas tanggungan Kami-lah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya” (Q.S 75 : 16-17)

“Nabi saw, membaca Al-Quran dengan madd, kemudian (Anas bin Malik r.a mencontohkan dengan) membaca bismillaahir rahmaanir rahiim seraya memanjangkan bismillaah, memanjangkan ar-rahmaan, dan memanjangkan ar-rahiim” (H.R Bukhari)

Dari ayat dan hadits di atas, secara tidak langsung menuntut kita mempelajari TAJWID untuk mengetahui tata cara membaca Al-Qur’an dengan tartil, fasih, mengetahui bahwa suatu lafazh harus di baca panjang, mengetahui hak-hak huruf dan sifat-sifanya. Dll.

2. Pengertian Tajwid
Tajwid secara bahasa berasal dari kata jawwada, yujawwidu, tajwidan, yang artinya membaguskan atau membuat jadi bagus. Tajwid juga diartikan sebagai sesuatu yang mendatangkan kebajikan.

Secara istilah tajwid diartikan sebagai ilmu yang memberikan segala pengertian tentang huruf (Hijaa-Iyyah), baik hak-hak huruf (haqqul harf) maupun hukum-hukum baru yang timbul setelah hak-hak huruf dipenuhi, yang teridiri atas sifat-sifat huruf, hukum-hukum madd, tarqiq, tafkhim, dan yang lainnya.

Tajwid juga diartikan sebagai ilmu yang mempelajari hak-hak huruf (Hijaa-Iyyah), tata tertibnya, mengembalikan huruf kepada makhraj dan sifatnya serta menghaluskan pengucapan dengan cara yang sempurna tanpa berlebih-lebihan, serampangan, tergesa, dan dipaksakan.

3. Cakupan Materi Ilmu Tajwid
Secara umum dibagi 2:
- Haqqul harf, sesuatu yang harus ada pada setiap huruf, yang meliputi sifat-sifat huruf (shifaatul harf) dan tempat keluarnya huruf (makhaarijul harf)
- Mustahaqqul harf, hukum-hukum baru yang ditimbulkan oleh sebab tertentu setelah hak-hak huruf dipenuhi

Jika dirinci, cakupan materi Ilmu Tajwid ini meliputi:
- Makhaarijul huruuf, membahas tentang tempat-tempat keluarnya huruf
- Shifaatul huruuf, membahas tentang sifat-sifat huruf
- Ahkaamul huruuf, membahas tentang hukum-hukum yang lahir dari hubungan antar huruf
- Ahkaamul Maddi wal Qashr, membahas tentang hukum-hukum memanjangkan dan memendekkan bacaan
- Ahkaamul Waqfi wal Ibtida’, membahas tentang hukum-hukum menghentikan dan memulai bacaan

4. Hukum mempelajari Ilmu Tajwid memang Fardhu Kifayah, tapi membaca Al-Quran dengan Tajwid menurut jumhur ‘ulama hukumnya Fardhu ‘Ain

Allahu A'lam

Ya, sekarang silahkan cek ANIMASI ISLAMIC ILMU TAJWIDnya...!!! Supaya lebi jelas silahkan FULL SCREEN dan tidak usah menunggu LOADING selesai.




File animasi/simulasi belajar ilmu tajwid ini telah di update.
Silahkan klik DISINI untuk melihat dan mendownloadnya.

Terimakasih atas kunjungannya...!!!


Install Flash Player jika belum ada


SEMOGA BERMANFAAT...!!!

NB: Bagi yang membutuhkan File Animasi Belajar Tajwid ini (3,54 MB) dan Materi lengkapnya (48 lembar, 574 KB) silahkan kunjungi compilation 4share di Free Download Ebook Islamic!

7 komentar:

rachmat mengatakan...

bagus nih sob, jadi tambah semangat belajar tajwidnya

Edwin's Personal Blog mengatakan...

Iya, memang perlu menambah metode2 baru yang kreatif dan sesuai dengan perkembangan zaman untuk belajar membaca Quran. Kita hidup di zaman modern...

Apa kabar sobat? ^_^

irvan mengatakan...

bagus ni buat belajar, jadi lebih menarik lagi

lina@happy family mengatakan...

Kang, bagus banget nih, belajar tajwid jadi lebih semangat!!

Edwin's Personal Blog mengatakan...

Met sore Mas JT, ditunggu lho tulisan barunya ^_^

Dev mengatakan...

Bermanfaat sekali mas..terobosan dalam belajar agama memang harus ditingkatkan..harus mengikuti jaman :)

kanggurukoe mengatakan...

Jazakumulloh ya akhi atas tipsnya...

Poskan Komentar

Terimakasih Atas Kunjungannya...!!! Nice Smiling4U. Thanks!!!

 

The Best Blogger

Site Info...

Back Link Otomatis