30 Desember 2009

Tes Buta Warna Ishihara dengan Animasi Flash (.SWF)

30 Desember 2009

Buta warna total maupun Buta warna parsial merupakan suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan, kerusakan, ataupun lemahnya sensitivitas sel-sel kerucut dalam retina mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu akibat faktor genetis. Menurut seorang dokter, karena buta warna ini warisan kelainan gen tunggal secara resesif dalam kromosom X makanya tidak bisa disembuhkan.

Gambar Persepsi warna
Persepsi warna merupakan respon otak atas stimulus yang diterima oleh retina. Telah diidentifikasi ada 3 jenis sel fotoreseptor kerucut -yang diperlukan untuk dapat membedakan warna- yaitu biru, hijau, dan merah. Dibutuhkan minimal 2 sel untuk dapat membedakan warna, dan pada penglihatan warna normal dibutuhkan ketiganya.

Jadi, orang yang buta warna ini biasanya bermasalah ketika melihat warna merah, hijau, dan biru atau campuran dari ketiga warna itu. Para blogger dan semua netter yang tidak buta warna (normal) dan lulus ketika di tes buta warna ishihara mungkin tidak percaya hal ini.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah kita buta warna atau normal, bisa di cek dengan buku tes buta warna ishihara "Ishihara Color Blindness Test" yang terdiri dari campuran warna dan dibuat sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah lingkaran. Jika mata kita normal maka di tengah-tengah lingkaran itu akan terlihat ada sebuah angka dan untuk mata buta warna ada yang tidak terlihat sama sekali, ada juga yang samar (melihat angka tapi tidak sama dengan apa yang dilihat oleh mata normal)

Ada kisah nyata, sebetulnya ini rahasia pribadi…, Saya baru tahu kalau saya buta warna 14 tahun yang lalu. Ketika mau kuliah dan menyerahkan formulir pendaftaran, ada tes buta warna sebagai salah satu syarat untuk jurusan tertentu. Karena rencananya kuliah di kedokteran atau perhutani, ikutlah dalam antrian tes buta warna ishihara itu…

“Angka berapa ini…?” Panita pendaftaran mulai menyuruh menyebutkan angka dan saya menjawab dengan yakin, “Angka 12, pak”
Lalu, “Coba angka berapa yang ini…???”
Sayapun menjawab, “Tidak ada pak”

“Kalau yang ini…???”
“Tidak ada juga, pak”

“Lihat juga yang ini…!!!”
Sayapun hanya geleng kepala, “...???!!!,,, tidak ada angka, pak” dan panitia itu hanya tersenyum.

“Coba lagi yang ini…”
“Angka 18, pak” Saya tebak saja, sebetulnya tidak angka yang terlihat. Si Panitia malah Menggeleng sambil tertawa. Ckckck.

Lembar demi lembar buku tes ishiara itu terus di buka secara acak dan semakin dibuka, saya hanya menggelengkan kepala dan menjawab,
“Sama sekali tidak ada angka, pak”

Waktu itu saya merasa heran setengah kesal…, “Aduh...!!! Tes apaan ini…, masa tidak ada angka ditanya ada angka berapa…???!!!”

Saking heran dan tidak percaya dengan tes buta warna ini, akhirnya nengok ke kelakang dan bertanya pada orang yang lagi antri tes juga, “Apa benar tadi itu ada angkanya…???”
Orang itu menjawab, “Ckckckck... Lho… tadi itu, semuanya ada angkanya”
Mendengar itu saya hanya diam dengan segudang tanya, "Benarkah ada angkanya...???"

Karena waktu itu di vonis buta warna, akhirnya daftar di kedokteran dan perhutani gagal total. Karena bingung harus memilih jurusan apa akhirnya pindah haluan dan memilih jurusan matematika tapi kata panitia,
“Kamu harus memilih 2 jurusan!!!, siapa tahu pilihan kesatu gagal, pilihan keduanya lulus…”
“Ya sudah pak, yang keduanya saya pilih jurusan teknik elektro
“Karena buta warna kamu juga tidak boleh memilih jurusan ini”
Karena waktu itu tidak mau pusing, “Tidak ada apa-apa pak, teknik elektro hanya alternatif, kok. Lagian tidak berminat”

Pulang dari pendaftaran dengan vonis buta warna, sepanjang jalan jadi ingat waktu SD, SMP, dan SMA, “Kalau memang buta warna, pantas saja nilai pelajaran seni rupa tidak lebih dai 6… Mungkin gambar yang disuruh diberi warna merah malah dikasih warna cokelat, atau disuruhnya warna biru… malah diberi warna abu-abu… Terus pantas juga kalau lagi di jalan sering bermasalah dengan polisi, mungkin warna merah dianggap hijau… Entahlah…”

Alhasil… LUCUNYA, dulu malah diterima di jurusan teknik elektro dan lulus kuliah di jurusan itu dengan BUTA WARNA PARSIAL… :DDD

Ya, giiiitu dech… sekarang silahkan cek juga mata para blogger dan semua netter dengan tes buta warna ishihara yang menggunakan animasi flash di sini.
















Jika Animasi Flash di atas belum lengkap, silahkan lihat dan full screen tes lain pada Tabel Tes Buta Warna ini:
Tabel Tes Buta Warna Ishihara



SEMOGA BERMANFAAT…!!!


NB: Tolong dikoreksi kalau dalam posting ini ada penyebutan angka yang salah, maklum yang postingnya BUTA WARNA. Thanks!

8 komentar:

NURA mengatakan...

salam sobat
siip banget postingannya..
sangat bermanfaat tes buta warna ishihara,,menggunakan animasi flash.

apa kabar nich Bang,,maaf saya lama ngga berkunjung.
semoga sehat dan sukses selalu ya,,
selamat tahun baru dan semangat baru 2010.

Web Master Chemistry book mengatakan...

Salam Kenal,
Sangat menarik untuk postingannya. Bicara masalah uji buta warna, mendapat flash itu dari mana? buat sendirikah?

rizki mengatakan...

makasih atas tesnya...
tapi sayang saya gax bisa ngejawab semuanya...
berarti saya buta warna

nur mengatakan...

mantap.. thanx bgt. tapi kata dokter yang ngetes aq dulu. kalo kesalahannya dibawah 3 qt masih belum dianggap buta warna. selain itu tipsnya kalo qt ragu liat angkanya jangan diliat semakin dekat tapi liatnya agak jauh. gt dech

e-alkes blog mengatakan...

animasi flashnya bagus, boleh minta scriptnya tidak? thanks

J-T mengatakan...

sebelumnya trim 4 all atas kunjungan n komennya. n maaf jika ada pertanyaan yg tdk di jwb. mklum beberapa bulan kebelakang sudah HIATUS dr blog ini, jarang dibuka juga :D

@ e-alkes: mas adi ya??? mksudnya script cara memasang file swf di blog? kalo itu sudah ada pd posting script embed file flash (swf) - cara memasang file flash pd blog.

tp sblumnya silahkan download dulu file tes butawarnanya... pasti bisa

sekali lg thanks 4 all

TO BE A BEST LEARNER mengatakan...

U made me burst laughing to your story about daltonism (BW partial), I was at the same story when i was 19 years old, aplying myself to Army..ha..ha..ha..now iam a teacher n work for the government. visit my blog "education as the last deffence"

Robby himawan mengatakan...

saya bisa menjawab semuanya tapi pas terakir yg tidak ada angkanya saya tulis tidak ada angka, trus dia kasi tau maaf tidak ada angka. terus dia ulang lagi dari awal apa cukup segitu aja tes nya sampai angka 73?

Poskan Komentar

Terimakasih Atas Kunjungannya...!!! Nice Smiling4U. Thanks!!!

 

The Best Blogger

Site Info...

Back Link Otomatis