11 Juli 2009

BUKAN TERORIS

11 Juli 2009

Pertama kali menggunakan DIA lumayan bingung. Bagaimana pakai nya ya??? Akhirnya setelah di BELAI-BELAI seperti kucing yang baru melahirkan anak kembarnya, hehe1000x, selesai juga.

Inilah salah satu karyanya DIA. Bagi yang hobinya rakit merakit elektronika posting yang satu ini pasti tidak asing lagi dan pernah ada di koran PULSA thn 2006-an

Hari gini siapa yang kagak punya HP (HandPhone)? Kalaupun ada pasti lansung lari nyari gunung HIMALAYA, “Maaaak BELIII IN DOOOONK…”

Biasanya HP hanya untuk mengghubungi bapak dan ibu jabat, sahabat, saudara, do'i ataupun selingkuhan atau hanya sekedar M’Call tidak karuan. Padahal bisa lebih dari itu, selama sinyal masih kenceng sang HP bisa kita gunakan untuk membantu aktivitas lain, bisa untuk menyalakan lampu, starter dan kunci otomatis kendaraan, intinya semua peralatan yang berhubungan dengan switch. Yang lebih dahsyat lagi bisa nyalain BOM dimanapun kita berada.. Teroris kali.


Semuanya bisa di kontrol dari jauh. Memang pada prinsipnya HP merupakan remote control yang bisa mengatur peralatan dengan jarak yang tak terbatas. Hanya dengan sedikit modifikasi dan tambahan rangkaian, semuanya bisa terwujud.

Satu hal yang harus diperhatikan, HP untuk keperluan ini HARUS memiliki fitur “Caller Group”. Dengan fitur ini bisa mengatur agar HP hanya bekerja / berdering jika dihubugi oleh nomor yang telah ditentukan. Ini untuk menghindari adanya salah sambung dari tangan Jahil (Sekarang ini banyak sekali yang sengaja salah sambung, tatuut).

Banyak HP JADUL yang harganya sekitar 100 - 200 ribuan memiliki fitur ini. Jadi untuk mencobanya tidak usah beli yang mahal. HP KEREN sih buat ditongkrongin di JIDAT saja. Betul tidak?

Karena BUKAN TERORIS, sebagai pengganti BOM lebih baik HP yang akan di modif digunakan untuk hal yang sederhana saja misal menyalakan lampu WC, lampu taman, bisa juga digunakan untuk nyiram tanaman yang alat siramnya sudah di set berputar.

Jangan coba-coba untuk nyalain BOM (aplagi diledakkan) nanti bisa di DOOOR. Hehe1000x, MATI.

Ada beberapa komponen dan rangkaian yang diperlukan untuk modifikasi HP ini.

1. Relay, sebagai switch otomatis yang akan dikontrol oleh rangkaian lainnya.
2. Trigger, fungsinya untuk merubah pulse (dering) dari buzzer HP menjadi tegangan DC. Banyak rangkaian trigger yang bisa digunakan, ini hanya contoh sederhana saja.


Keterangan:
Vr 1 = Potensio 10 KOhm, T1 dan T2 = Transistor C557, C1 = Kapasitor 47 micro Farad, dan Re= Relay

3. Timer, digunakan untuk menentukan waktu bekerjanya HP tujuan setelah di hubungi. Apakah mau langsung bekerja, atau harus bekerja setelah 5 menit, 10 menit, atau 1 jam setelah dihubungi. Terserah. Ini bisa dijadikan alibi setelah kita nyalain BOM dengan HP.
Karena untuk keperluan yang sederhana, inipun hanya salah satu contoh rangkaian timer yang tidak begitu presisi

Keterangan:
Vr 1 = Potensio 10 KOhm, T1 = Transistor c829, T2 = Transistor d313, C1 = Kapasitor 1000 micro Farad, dan Re1 = Relay

4. Power Supply/Adaftor, untuk memberi tegangan pada rangkaian trigger dan timer itupun kalau HP tujuan di simpan di rumah, kalau di luar bisa saja menggunakan batu baterai 12V. Silahkan lihat contoh adaftor, trigger dan timer yang telah dibuat.


Untuk mengganti baterai HP, jangan lupa menurunkan tegangan 12V dari adaftor. Salah satu contohnya dengan rangkain seperti ini


Keterangan:
R1 = Resistor 1KOhm, Zd = Dioda Zener 5V, C1 = Kapasitor 100 micro Farad, C2 = Kapasitor 470 mikro Farad, T1 = Transistor C829, dan T2 = Transistor D313

contoh HP yang telah di modif untuk menyalakan LAMPU bisa di lihat di bawah ini



Selamat mencoba, semoga SUKSES!!!

12 komentar:

NURA mengatakan...

salam sobat,,wah kreatif banget sobat,,bisa modifikasi HP,,lumayan HP jadul jadi keren ya...siip .

JT mengatakan...

tes

eNeS mengatakan...

Ga papa sob... Buat silaturahmi kan bagus juga. Tp klo mo kluar, gampang aja. Dari dashboard aja kita klik manage, trus pilih stelan, pilih kluar dari situs. Ane oge pernah kaluar ti 2 situs (ker can apal). Ayeuna mah nu penting bae, hehe...
Sanes legeg ieu mah sob...
Eh, aya temen di saudi nu sok ngoprek jiga john teh. Tepangan geura di http://neslihansonmez.blogspot.com

Eris Agustian mengatakan...

good post. kebetulan saya jg hoby elektro..salam kenal aja

Free Your Mind mengatakan...

salut sobat sharing ilmunya komplit, keren instrumentasinya, jadi inget masa muda, pernah bikin radio kecil dengan tuning n modulasi yang sederhana :)

irvan mengatakan...

wah krennn, buat lampu WC haha, kl mw ke WC mcall dulu

asrizal wahdan wilsa mengatakan...

salut sob, dapet ide darimana tuwh.....
wah...oke dech.....

Andie Gokil mengatakan...

anjrit!!!
beneran tuh.
wakakkakak.
ga ngerti sob.
huahahaha

liatnya aja tuh udah kayak smartphone.
:D

asrizal wahdan wilsa mengatakan...

trims sebelumnya uda diambil awardnya....
award adalah sebuah penghargaan kepada mereka yang berkenan dan merasa pantas untuk memberikan penghargaannya kepada orang lain melalui award. dalam ajang blogging pun, award menjadi salah satu ajang dimana ajang persahabatn (friendship) terjalin dengan memberikan penghargaan satu sama lain, dan award ini pula tak lepas dari backlink yang kesemuanya itu tentulah sangat bermanfaat...

rachmat mengatakan...

keren sob, cemilan sehari2nya pcb sama protel yah sob?

♥ sOFIa ♥ mengatakan...

duhh. hrs buka buku fisika lagi nih. heee :P

sutiarsono mengatakan...

gw pernah nyoba di pake bwat skripsi dengan output springkler air buat tanaman cuma disini gw pake otaknya yg kerja adalah mikrokontroler.pake labview juga bisa

Posting Komentar

Terimakasih Atas Kunjungannya...!!! Nice Smiling4U. Thanks!!!